MUSYAWARAH DESA KHUSUS KAMPUNG MARGA JAYA

Marga Jaya News, margajaya.desa.id (09/08/2020) – Pemerintahan Kampung Marga Jaya menggelar Musyawarah Desa Khusus pada tangal 04 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB di Balai Kampung Marga Jaya. Pada musyawarah ini dihadiri oleh Pj. Kepala Kepala Kampung, Sekretaris Kampung, BPK, Bhabinkamtibnas, Pendamping Desa, Bidan Desa, Aparatur Kampung, dan KPM BLT Dana Desa.

Musyawarah ini membahas terkait pengakhiran penyaluran BLT Dana Desa tahap I sekaligus membahas tentang lanjutan penyaluran BLT Dana Desa tahap II periode Juli, Agustus, dan September sesuai dengan intruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) .

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar kembali merevisi pedoman penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2020. Pria yang akrab dipanggil Gus Menteri tersebut menerbitkan Permendes PDTT No. 7 tahun 2020 sebagai perubahan kedua atas Permendes PDTT No. 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 7 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 ini untuk menjaga Stabilisasi Keuangan Negara dalam menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan penggunaan Dana Desa untuk dapat digunakan untuk bantuan langsung tunai kepada penduduk miskin di Desa.

Permendes terbaru tersebut secara khusus mengatur tentang perpanjangan realokasi penggunaan Dana Desa dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), atau yang lebih dikenal dengan BLT-DD.

Sebelumnya, kebijakan BLT-DD hanya berlaku tiga bulan yaitu dari April sampai Juni 2020 dengan besaran per-bulan untuk setiap keluarga Rp 600.000. Dalam Permendes terbaru ini, periode BLT-DD diperpanjang tiga bulan yaitu sejak Juli sampai September 2020. Adapun besaran per-bulan yaitu Rp300.000 untuk setiap keluarga.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar