UPAYA PENCEGAHAN COVID-19, RELAWAN COVID-19 KAMPUNG MARGA JAYA BANGUN TEMPAT CUCI TANGAN (WASTAFEL) UMUM

Marga Jaya, 15 Mei 2020

Info MARGA JAYA, margajaya.desa.id,- Virus corona atau Covid-19 kini sudah menyebar ke beberapa wilayah di Tanah Air. Di Provinsi Lampung, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) terus bertambah. Lantas bagaimana cara penyebaran dan pencegahan penularan virus corona?

Menurut World Health Organization (WHO), Covid-19 menular melalui orang yang telah terinfeksi virus tersebut. Penyakit dapat dengan mudah menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk.

Tetesan itu kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang lalu disentuh dan orang sehat tersebut menyentuh mata, hidung atau mulut mereka. Cara penyebaran virus corona, saat tetesan kecil itu dihirup oleh seseorang ketika berdekatan dengan yang terinfeksi corona. Itu sebabnya penting untuk menjaga jarak satu meter lebih dari orang yang sakit.

Sementara upaya pencegahan dini penularan virus corona bisa dilakukan siapa saja. Satu di antaranya, bisa dilakukan dengan menyediakan fasilitas pencucian tangan atau wastafel yang disertai sabun antiseptik. Agar, masyarakat kembali semangat menerapkan pola hidup bersih dengan mencuci tangan.

Atas intruksi Pemerintahan Kampung Marga Jaya, Relawan Covid-19 Kampung Marga Jaya bersama warga membangun sarana cuci tangan (wastafel) di sejumlah lokasi. Penyediaan sarana cuci tangan itu dianggarkan dari Dana Desa (DD) 2020.

Sejumlah titik yang disediakan tempat cuci tangan tersebut diantaranya, Puskesdes, Balai Kampung, Masjid (1), Mushola (6).

Sekretaris Kampung Marga Jaya, Dodi Hermansyah mengatakan, pembuatan tempat cuci tangan ini sebagai bentuk penanganan melawan virus Corona (Covid-19) di Kampung Marga Jaya.

“Selain demi menjaga kebersihan, tempat cuci tangan ini juga bisa digunakan warga setiap hari, seiring kita sekarang sedang melakukan penanganan virus Corona,” terangnya.

 

Gambar 2.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar