Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini, Jadi Tema Penyuluhan PHBS di SD Negeri 01 Marga Jaya

(Selasa, 14 Januari 2019) – Mahasiswa KKN Unila Desa Marga Jaya dan pendidik SD Negeri 01 Marga Jaya mendukung terwujudnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang dimulai dari sekolah. Kegiatan dengan tema ‘Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini’ diikuti oleh 65 siswa SD, mulai dari siswa kelas 1 sampai dengan siswa kelas 6.

Acara Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dibuka oleh Bapak Jumiran selaku kepala sekolah SDN 01 Marga Jaya. Beliau menyambut sangat baik berlangsungnya kegiatan ini. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sendiri merupakan program kesehatan yang dirancang oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Sasaran program ini adalah sekolah dan keluarga.

Mahasiswa KKN Unila memberikan pengetahuan atau wawasan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat dengan baik. Ada tujuh kebiasaan hidup bersih dan sehat yang harus diterapkan setiap hari. Tujuh kebiasaan itu berupa cuci tangan pakai sabun, makanan beragam, bergizi, berkualitas (aman), minum air bebas kuman, sikat gigi 2x sehari, kelola sampah, toilet bersih dan higienis.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN Unila memberi contoh langsung langkah-langkah cuci tangan menggunakan sabun dan sikat gigi dengan benar.

Sebagai penutup acara, peserta didik diberi kesempatan langsung mempraktikan langkah-langkah cuci tangan dan sikat gigi guna menambah wawasan. Mahasiswa KKN menyiapkan persediaan sabun cuci tangan dan memberikan sikat gigi sebagai hadiah untuk siswa SD Negeri 01 Marga Jaya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar