MARGA JAYA LAKUKAN KEGIATAN RUTIN POSYANDU LANSIA

(Rabu, 08 Januari 2020) – Posyandu tak hanya berkutat seputar kesehatan anak dan balita saja, tetapi juga seputar kesehatan orang lanjut usia (lansia). Salah satunya posyandu lansia di desa Marga Jaya, Kecamatan Meraksa Aji, KabupatenTulang Bawang yang rutin melakukan kegiatan untuk para anggota lansianya. Setiap bulan diadakan pemeriksaan gratis untuk tekanan darah, ukur tinggi badan, berat badan, dan Indeks Massa Tubuh (IMT), dan lingkar pinggang.

Ada pula pemberian obat-obatan gratis untuk para lansia sesuai dengan keluhan yang dirasakan oleh para lansia yang berkunjung ke posyandu. Dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis juga penyuluhan, diharapkan para lansia bisa mengetahui kondisi kesehatannya.

Pada kegiatan posyandu lansia kali ini, diawali dengan senam lansia yang bertujuan untuk menjaga kebugaran. Sambil beristirahat, para peserta posyandu lansia diberikan penyuluhan mengenai asupan gizi untuk penderita hipertensi.

Penyuluhan tersebut berisi tentang pola makan yang baik untuk mengontrol tekanan darah dan pola makan yang harus dihindari untuk para penderita hipertensi.

Kegiatan posyandu dilanjutkan dengan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Setelah itu, diteruskan dengan pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT) dan pengukuran berat badan. Semua data yang didapatkan, dicatat ke dalam buku peserta posyandu lansia.

Kegiatan posyandu lansia diakhiri dengan peserta posyandu bergantian untuk dilakukan pengecekan tekanan darah dan juga disediakan obat-obatan gratis yang diberikan untuk para lansia sesuai indikasi dialami peserta lansia.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar