Kegiatan Taman Pendidikan Al – Quran (TPA/TPQ) Desa Marga Jaya

(Senin, 06 Januari 2019) KKN UNILA 2020 – Taman Pendidikan Al Quran (TPA/TPQ) adalah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al Quran sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak, sekolah dasar dan atau madrasah ibtidaiyah (SD/MI) atau bahkan yang lebih tinggi.

TPA/TPQ setara dengan RA dan taman kanak-kanak (TK), di mana kurikulumnya ditekankan pada pemberian dasar-dasar membaca Alquran serta membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Peraturan Pemerintah No. 55 tahun 2007 pasal 24 ayat 2 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan menyatakan bahwa Pendidikan Alquran terdiri dari Taman Kanak-Kanak Alquran (TKA/TKQ), Taman Pendidikan Alquran (TPA/TPQ), Ta’limul Quran lil Aulad (TQA), dan bentuk lainnya yang sejenis.
Desa Marga Jaya memiliki fasilitas Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA). TPA ini dilaksanakan setiap hari kecuali hari jum’at (libur), kegiatan TPA ini dilaksanakanpukul 15.30 WIB. PA Desa Marga Jaya memiliki murid sebanyak kurang lebih 42 murid dan memiliki Guru sebanyak 9 guru dengan 1 kepala TPA.

“Dulu banyak sekali murid TPA di desa marga jaya, dari berbagai macam umur. Namun, saat ini sudah banyak yang menikah dan pergi merantau keluar desa. Alhasil, hanya anak-anak dibawah umur 15 tahun saja yang masih bertahan di TPA desa marga jaya” kata Bapak Hadi Suminto

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar