DEMOKRASI DARI RT DAN RW MENUJU DESA MANDIRI

margajaya.desa.id Senin, 25 September 2017. Kampung Marga Jaya melaksanakan Pesta Demokrasi tingkat RT dan RW, meski tergolong hal biasa tapi efeknya luar biasa guna pembangunan dinegeri ini, khususnya pembangunan kepercayaan masyarakat kepada para pemimpinnya diantara sela-sela kritisnya kesadaran demokrasi dimasyarakat kampung.

Kegiatan tersebut diselenggarakan karena permintaan masyarakat agar diadakan peremajaan atas kepemimpinan Ketua RW khusus di RW 01. Bapak Limin selaku Ketua RW 01 mengundurkan diri dari jabatannya karena merasa sudah tidak mampu menjalankan tugas secara maksimal dan sudah tidak aktif, sehingga usulan tersebut  menjadi salah satu dasar adanya kegiatan musyawarah Kampung untuk melaksanakan pemilihan ketua RW 01. Untuk calon ketua RW diusulkan sejumlah 5 orang diantaranya bapak Waluyo, bapak bapak Suharjo, bapak Sukamto, bapak Suripto, dan bapak Muridin yang kesemuanya murni usulan warga RW 01. Sedangkan untuk mata pilih berdasarkan setiap kepala Keluarga yang berjumlah 43 orang.

Pada kegiatan pemilihan ketua RW tersebut dipimpin langsung oleh bapak Ponidi selaku Kepala Kampung dan dikoordinatori bapak Sudiman selaku ketua BPK. Dan mendapatkan hasil terpilihnya Bapak Waluyo sebagai Ketua RW 01 untuk periode selanjutnya.

Banyak hikmah yang dapat kita ambil dari kegiatan ini diantaranya, kita bisa mewujudkan demokrasi melalui hal-hal sederhana di kampung yang bermasyarakat, untuk mejadikan bernilainya Pancasila sila ke 4 yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Semua itu guna menuju generasi kampung yang mampu menjaga, melaksanakan, mengawasi jalannya Demokrasi di Negeri Kita Tercinta, Indonesia.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar